My Way In Mangkoso #4

Assalamu alaikuuummm..:)

Habis makan entah kenapa tidak berapa lama saya pasti akan merasa lapar lagi..saya benar2 curiga bahwa perut saya ada Black Hole nya (lubang hitam besar yang menelan segala objek di depannya *biasanya ada d luar angkasa siih*). Tapi...na bilang memang orangtua Tena Battang Kekke' katanyaa..hehehe..benar juga sih..tapi mending ikut sunnah Rasul saja...berhenti sebelum kenyang dan makan sebelum lapar...

Jadi ingat...waktu di Mangkoso dulu...santriwati itu ada yang daftar catering buat makan sehari2..ada pula yang karena hendak meminimalisir dana bulanan jadi memasak sendiri. Dua-duanya..sebenarnya menurut saya waktu itu sama2 seru...di kamar saya (A12) itu mayoritas pada ikutan catering sementara kamar tetangga (A11) banyakan mereka itu masak sendiri. Mereka rata-rata berasal dari kepulauannya Pangkep..jadi...menu masakannya pasti seru2 karena mereka bawa bekal dari kampungnya macam ikan asin dan cumi2 kering. Biasanya kalo mereka masak ato menggoreng di belakang dapur kamar itu baunya sampe ke dalam kamar..jadi kita pada suka mintai apa yang mereka masak...pernah waktu itu saya minta cumi kering yang di lagi di goreng sama teman namanya Rahmatiah..baunya enak sekali..pas ku minta si Tia bilang "awasko nah gigit baek2ki karena biasa itu langsungi lompat sendiri" sambil senyam senyum gaje. Saya jelas heran masa sudah mati, kering, di goreng pula bisa lompat sendiri pas di makan. Jadi saya gigitmi. Krek!! Gigitan pertama...dan keratan cumi nya tidak juga terpotong...di gigit lagi...tidak maupi terpotong itu cumi..akhirnya ku gigit lagi sambil ku tarik keras pake tangan (gigi tarikitu cumi ke dalam mulut trus tangan tarik itu cumi ke arah luar biar terlepas) eerrrkkkk.....! dan masih menarik..eerrkkk...! Disyuuuuuuuuunngggggg!!!!! Maaf sodara-sodara...itu cumi terlepas dari gigitanku dan juga terselip keluar dari tanganku...dan akhirnyaa....melayang jatuh ke lantai...

Jadi pas jatuhmi itu cumi di lantai karena ketidak seimbanganku tarik menarik agar tappotong itu cumi datangka lagi pi di sebelah kamar bilang  "iyo Tia' lompat tojengi itu cumi2 ka ..." sambil di tertawakan sekeras2nya sama mereka yang dengar. Habis itu di ajarlah saya dengan menggigit sedikit2 itu cumi2 ka supaya terpotongki ato potong2ki dulu pake pisau baru makanki karena keras memang cumi kalo sudah kering..Yaahh...apatong saya tauk begituan, mana ini gigi jadi rada goyang gegara gigit itu cumi ka.

Nah biasanya...kalo catering itu kita di masakkan sama yang punya catering. Jadi jam nya itu sudah di tentukan...kalo makan siang itu jam2 pas pulang sekolah pas ba'da Dhuhur...terus makan malam itu habis magrib atawa habis isya..jadi kita biasa ramai2 mi datang pi ngantri catering sambil ada yang bawa alat makan sendiri. Lucu2 piringnya sambil pada di tuliskan nama supaya nda hilang baru sambil di sumpah2i bilang " siapa pake ki piringku baru nda na cuci kandalak2ki" (eeaaaa...dan masih banyak sumpah2 mengerikan lainnya) kalo di dengarmi bilang begitu temanta' langsung maki semua bilang dalam hati "iihhh na'udzubillah gaaank *ketok meja 3x*).
Serunya kalo catering itu banyaaak juga. Jadi kita pada baku buru2 pi ambil makanan karena kalau tidaaaaak waaahhhh....bisa2 tetulangan ato kekuahan ji kau dapat alias sisaaaa....(hahahaa....keras persaingan). Tidak ada kasihan..ato istilahnya yang keren itu NO MERCY hahahahaaa... Jadi tiap balik ke kamar masing2 d liat mi itu baru di banding2kan mi makanan2 para catering lainnya. Adami yang lebih besar ikannya..adami yang lebih enak sayurnyaa...baru biasanya bilang maki itu "tanggal baru nanti mauka' pindah catering gang..enaki cateringnya Pak Umar...nda membosankanki makanannya" setlah itu bakal ada suara-suara yang bilang "saya juga..." dan "saya juga..." lainnya. Padahal kalo sudah pindah catering bakalan adaji lagi keluhan2 lainnya di dapati (yaaahh..macam ganti nomor pake kartu baru gegara tergiur sama sms gratis nya yg banyak).

Ada lagi kisah kalo catering itu biasa di cari ki tempat catering yang paling sering menghadirkan menu DAGING AYAM pada makanannya. Jadi yang paling banyak anak cateringnya biasanya itu kalo bukan karena enak makanannya ya karena seringki bikin ayam goreng keca' ato ayam goreng lombo' jadi menunya (awwi ndo'ee). Kalo adami itu yang duluan pergi ambil makanan terus pulangnya teriaki "weeehhhh!!!! cepatko ambil cateriiing...ada ayam goreng na bikin kak Irmaaaaa!!!!" Beuuhhhhh..tunggumi satu kompi keluar semua dari kamar sambil bawa piringnya kodong lari2 pi ambil catering...baku injak2 mi apa (nda ji kalo itu iyyaa...). Hahaha...padahal ayam goreng yang diperjuangkan itu besar ukurannya sama sekali tidak manusiawi... (hiks... T^T). Besarnya bahkan cuma satu atau dua kali gigit ji kasihaaaaanGGGG. Itupun besarki apa' besarki tulangnya... Jadi untuk pacenning2 ati biasa di tambahi ji nasi ta sama kuah dagingnya. Nda mentongmi... kurang sekali ki dapat asupan protein hewani yang mahal itu selama di pesantren tapi nda tauk kenapa pertumbuhan saya selama di sana lebih banyak ke samping daripada ke atas (hahahahaha).
Ada tommi itu yang alergi2 makanan2 aneh...ada yang alergi ikan jadi khusus di gorengkan telur pada hari menu ikan...ada jnuga yang alergi telur jadi khusus di gorengkan ikan pada hari menu telur. Macam2 laaah..

Tapi paling seru itu catering di kantinnya pak Umar (kalo nda salah kafe Munawwar ka itu namanya). Karena selain yang catering itu anak2 santriwati..ada juga anak catering nya anak2 mahasiswa (behiikkk...). Jadi kadang berusaha semua mi menyesuaikan waktu makannya dengan waktu kedatangannya anak mahasiswa yang catering disitu jugaa...(eeaaa....darah muda..darahnya para remajaaaa...).

Nda baku bicara2 ji iyya kalo adai pi makan tapi addeeehhhh itu mataaa....bukan makanannya na liati ca' tapi yang di sebelahnya botol kecapkaaaa (anak mahasiswayya maksudnyaaa). Hahahahahahaaaa!!!

Baru kalo pulang mi ke kamar na cerita mi semuaa...Sudah itu a'gompo mi pi belajar dan menghafal buat besok. What a simply happiness eveeeeeeer!!! :)

4 komentar

Ada 1 hal yang bikin saya bangga menjadi temanmu kak.. :)
#Manna nda di anggatt ka..tetapja bangga

Reply

apa beeeeeeeeeeeeeeng

Reply

gokil bahasana ca',,,, banggaka' jadi teman tidurta'.......

Reply

Posting Komentar