My Way in Mangkoso #3

Assalamu Alaikum...what a bright day today..:)

Hari ini kekosongan selalu sekali lagi mampu di ambil alih sama laptop dan modemnya..(hahaha...asli)
Mau lanjutin cerita ku tentang masa2 dulu waktu di Mangkoso..yaa...walaupun kalo mau di ceritakan tidak akan pernah habis satu buku untuk merangkum nya.

Dulu waktu di Mangkoso...adakalanya kita pada bosan dan jenuh sama rutinitas asrama...yang pulang sekolah nunggu magrib terus pengajian begitu seterusnya...dan kami untuk keluar dari kampus asrama itu susaaaaaaah sekali minta ijinnya. Jadi..pelarian kami kalo bosan yaaa...nangkring di jendela kelas yang ada di lantai dua (kebetulan jendelanya langsung menghadap ke jalan raya) sambil memandang pada tiap bus...mobil Phanter...dan pete2 (baca: mikrolet) yang lewat... Baru habis itu mewek (baca: nangis) sambil bilang "MAUKA' PULAAAAAAANG..HUAAAAAAAA.......". Ya..kami selalu rindu pulang ke rumah, di tiap malam pasti nge bayangin bilang bemana rasanya kasur di rumah yaa...mamak bapak lagi ngapain yaa...ato kalo misalnya lagi makan di katering pasti ada yang nyeletuk "mamak ku lebih enak caranya bikin sayur" terus sambil menitikkan air mata...(hiks). Yaah..namanya juga tinggal di asrama..kadang sayur pada makanan catering bentuknya tidak berperikemakanan (itu kalo sayur kangkung..kuahnya kayak air hujan baru kangkungnya kayak dedaunan yang melayang nda jelas *gubrak!!*).

Jadi begitulah...itu jendela2 kelas sudah menjadi saksi bisu atas segala bentuk perasaan kami para santriwati..apalagi sejak sudah masuk kelas Tsanawiyah (sehabis tamat I'dadiyah)..kami jadi lebih punya kuasa untuk naik turun kelas karena memang itu sudah jadi tempat kami belajar. Sudah tidak keluar pagar gerbang kampus lagi karena gedung Tsanawiyah ada dalam lingkungan kampus. Jadi sudah tidak bisa wara wiri ke luar pagar lagi dan ngecengin santri putra I'dadiyah lagi atau sekedar beli roti sama es batu Lembe'. Karena perijinan untuk keluar gerbang sengaja dibuat ribet sama pengurus kampus. Jadi yaaah..memang pelariannya cuma naik ke lantai dua buat memandang jalanan dan gunung2 nun jauh disana sambil bilang "itu pasti yang di sebelah gunung yang sana rumahku mi..." asli saling sotta' menyotta' menjadi satu.
Nangkring lama sampae capek baru balik lagi ke asrama ...masuk kamar baru menangis...

Pernah waktu masih awal2 masuk pesantren...tiap kali habis solat magrib...ada saja teman satu kamar yang langsung naik ke ranjangnya...tutup tirai..baru ketika di datangi ternyata dia lagi nangis,,Dulu ada teman namanya Ririn...dia tinggal di Padang Lampe, Pangkep. Bapaknya itu penjual bakso yang sukses di kampungnya. Tiap habis solat ato menjelang ashar biasa dia suka menyendiri...jadi waktu itu habis magrib..kita masih ngaji Yasinan gitu..tapi dia langsung naik ke ranjangnya sambil tutup tirai ranjangnya..kita langsung ngeh kalo dia lagi rindu keluarganya dan pada mendekat ke ranjangnya. Adami temanku bicara "Rin..kenapako rin..." na jawabmi Ririn..."tidak ji...hiks...kuingat ji bapakku di rumah..pasti capekki...karena jualan baksoki...apalagi dulu waktu masih kelilingki jualan bakso..selaluka mau bantuki..tapi sekarang...hiks..tidak adami bantu bapakku kalo jualan..hiks...karena di pesantren ma...hiks..hiks...kangenka orangtuaku..mauka' pulang..hiks...hiks..." tiba2 dia nangis parah..akhirnya adami satu lagi temanku bilang "janmi nangis Ririn...sama jaki semua disini menuntut ilmu agama...sudahmi Rin..sedihki juga liatko nangis terus..." dengan nada suara yang sudah agak serak juga karena sedih..tapi bukannya makin diam si Ririn malah makin nangis...tiba2 ada lagi yang nyeletuk.."iyo...jadi ku ingatki juga mamak ku di rumah...siapa mi itu yang bantuki jaga adekku...sudahmi rin..janko nangis..." dengan nada suara nahan tangis..baru adami lagi yang nyeletuk "iyo...sudahmi rin..hiks jadi kangenka juga liat ko nangis hiks...hiks...". Nah lho??? Akhirnya kita semua sekamar yang tadinya mau mendiamkan tangisannya Ririn jadi ikut nangis juga karena malah ikut ingat sama keluarga masing2 dan akhirnya nangislah sudah satu kamar A 12 (*gubrak!!!*ahahahahahahaaaaa!!!!!). Adami yang bilang na ingatki bahwa kalo jam begitu nonton mi sama keluarganya kaa...adami yang bilang...jam makannya mi sekeluarga bareng2..waaahhh,,,jadi makin nangis semua sampe datang Isya baru akhirnya da yang sadar bilang "ayok wudhu baru solat jamaahki' sambil di doakanki semoga cepat datang lagi keluarga ta menjenguk" hehehehe...Sedih sih..tapi kenangan itu semua yang bikin kangen sama Mangkoso Lho....

2 komentar

Ternyata tangisan tak selamanya jadi kenangan menusuk..tapi,merindukan juga ternyta..keereeennn kak.. :D

Reply

as always Ulfaaa :)

Reply

Posting Komentar