Drama Queen #1

Im a drama queen...
Bukan karena saya suka sekali nonton film. Bukan karena saya perempuan yang khas dengan perasaan yang berlebih-lebihan. Tapi mungkin memang hormon (enda tauk hormon apa yang membentuk kepribadian seseorang) yang membuat saya selalu lebih sedikit emosional dari orang-orang sekitar (bahkan dalam keluarga).

Sedih akan sedih sekali. Marah akan marah sekali. Tapi enda tauk kenapa kalo bahagia saya selalu ji bisa kontrol ki supaya enda terlalu keliatan. Yaah..tapi begitu mi. Keliatanki di berat badan kalo saya bahagia (tambah berat ki tawwa bobot tubuh). Hahahaa...

Yah back to base. Jadi saya ini seorang ratu drama. Selalu saja hal-hal yang biasa akan di imajinasikan berlebihan. Jadi tahun lalu...saya bertaruh nyawa (tidak ji juga na begitu sekali) untuk mengadu nasib ke Jogja. Mencoba mencari suaka untuk diperkenankan diterima sekolah di sana (hahaha...). Dan pada suatu waktu, ceritanya saya sudah selesai ikut tes dan segala tetek bengek administratif, tinggal menunggu tanggal wawancara saja. Saya berangkat dari Lempuyangan untuk buang-buang waktu ke Jakarta (ada nenekku tinggal di sana). Dengan lelah fisik, batin, dan wajah yang sedang bersahabat dengan jerawat, saya berangkat ke sana. 

Di sana, nenek saya tinggal di dekat kali. Bukan macam kalian semua, yang berlibur ke luar sulawesi bakal ketemu dengan keluarga kaya yang berhasil dengan segala harta benda yang gemah ripah loh jinawi. Ternyata oh ternyataa.....saya harus turut membantunya berjualan. Nenek saya punya sebuah rumah, dan beliau membuat kos-kosan di rumah itu, jadi itu rumah di petak delapan ruangan sempit, empat di atas, empat di lantai bawah. Asli sumpek. Jadi itu nenek saya yang sudah tidak kebagian kamar di rumahnya sendiri (et daaah....pemilik yang tergusur oleh kebijakannya sendiri hahaha) akhirnya membangun semacam kios di depan rumahnya, pas di pinggir kali, and VOILAAAA beliau hidup di situ.

Nenek saya hidup sendiri di situ. Tidak mau numpang sama anak-anaknya. Di kios nan sempit dan kumuh. Tiap kali nenek ke pengajian akhirnya saya yang harus jaga itu kios, padahal saya tidak tahu bemana caranya jual-jualan (saya kira tommi bakal di layani ka' macam princess karena saya cucu yang jarang-jarang datang). Tapi biarlah..anggap saja baktiku pada nenek.
Sebelum pergi, nenek mewanti-wanti supaya saya ingat semua harga dan nama produk yang beliau jual.

"Lia, ingat kalo es manis itu 500 rupiah, kalo kerupuk 1000 tiga, kalo ini bla bla bla blaaa......"

Akhirnya saya manggut-manggut ji sok mengerti, padahal dalam otak enda bisa mi saya ulang satu-satu itu harga. Pergilah nenek saya. Dan sayang nge_jogrog di depan pintu kios seperti orang dongok. Orang-orang lalu lalang seperti di gang Potlot, bahasa na lagi sama. Sampe akhirnya ada anak kecil datang, macam Mancung anak kecil di sinetron.

"Beli es susu' dong!"

Mate mijah!! Yang mana di bilang es susu ineh, pake Apostrof ki lagi.

"errr....emmm....es apa?"

Entah logat apami tadi saya sebut, mau di bilang logat Makassar nanti bingungki ini anak bocah, mau ki coba logat Jakarta malu-malu ja kurasa dengarki sendiri.

"Ituuuh es susu' yang di kulkas noh!"

Hamma'daaang....ketus na cak! Untung di wilayah nya ki begitu. Coba di Maros ki iyya.
Akhirnya ku ambilkan es di kulkas. Oh iya tawwaah...ada dua macam es, ada es teh dengan es susu coklat kental manis. Na ambil mi baru na bayar pake uang logam 500 (masih laku sekali uang begitu di Jakarta).

Terus saya pun istirahat-istirahat. Ngemil snack yang ada tulisan halalnya. Berharap ada kayak di FTV di tivi, ada begitu cowok gagah datang mau belanja tapi dia liat saya, trus bertanya "eh kamu cucu nya bu aji yaah??cantiknyaa..."

Masih berkhayal sambil ngemil, tiba-tiba ada suara.....cowok!! Oh may gat!!! Apakah ini mimpi??? Ya Tuhaaan....

Saya segera perbaiki jilbab terus berbalik dengan manis.


Dan......ta'bangka (baca : Kaget).

Yang ada di hadapanku sekarang, memang cowok sih...tapi (addeeeeeh...) sangar sekali mukanya. Kayak preman di FTV. Bukan kayak cowok gagah. Dia cuma pakai kaos dalam sama kolor tulisan MU. Mengisap ingus kayak habis nge_lem (menger jaki toh). Terus bertanya.

"Bu aji kemaneh?!"

"emm...ke pengajian...", saya jawab dengan logat Jakarta ( malu-malu ku ja dengarki)

"oohh gituh! ini gue bayar utang gue yang minggu lalu ye, nih ceng go, berarti masih ada kembaliannya gopek kan? kasih gue es teh aja deh..."

Sumpah ka' saya tidak mengerti apa dia bilang, logat Jakarta ki memang tapi bukan yang kayak di sinetron-sinetron ala gedongan, tapi betawi pinggiran ka ini belaah...
Dengan masih tidak mengerti saya ambilkan dia es teh sebelum mengamuk.
Dengan muka dongok bin tidak menger saya kasih dia es teh.

"makasih yee...ntar kasi tau bu aji kalo gue udah bayar utang ye"

Ceh!! Senyumki tawwah. Mungkin kasian lihat muka dongok ku.

Ada mungkin sekitar satu jam saya jagain kios. Dengan segala bentuk pembeli yang harus melayani dirinya sendiri karena saya yang tidak tahu apa-apa. Lalu nenek datang dan saya pun solat ashar. Pas saya solat, saya dengar itu cowok yang tadi bayar utang datang lagi belanja dan bicara sama nenek.

Saya sih berusaha khusyuk sama solatku, tapi namanya tempatnya dekat-dekatan, jadi biar kita di dalam rumah tapi itu orang yang bicara atau lalu lalang di luar kayak ada di depan ta.

"eh bu aji, beli djisamsoe dong"
"eh udah bayar utang yang dulu belon lu?" Nenek menjawab
"udah kok tadi"
"bayar ame siape?" Nenek yang sudah puluhan tahun di Jakarta pun fasih logatnya
"udah kok suer, tadi ame cewek yang tadi jaga kios.."
"siape?" Nenek masih menginterogasi

Awwe..jadi enda khusyuk saya solat. Kepikiran mau bilang sama saya. Tapi penasaran juga dengar jawabannya itu cowok tentang saya. Bagaimana kira-kira caranya mendeskripsikan begiteeeh...(siapa tauk toohh..hehehe).

"emm...entu loh bu aji..yang cewek tadi nge jagain kios, engga tauk sape namanye...tapi ituloh...maaf ni bu aji...yang...maaf ni ye bu aji...yang wajahnya jerawataan..."

Kamfreeeeet.....!

Astagfirullooooh.....
Saking kaget dan emosinya dengar itu cowok mendeskripsikan sosok diriku iniiih!! Akhirnya saya batalkan solat dan pergi wudhu ulang terus ulang juga solat.
Kukira tommi...mau bilang apakaah...manis begitu atau apalaah...
Hfffttthhh.....dosa ma ini sama Allah karena solat terus lain pikiranku.

Pas habis dari ambil wudhu, saya melirik ke cermin. Para jerawat langsung say hai semua.
Ternyata mereka (baca : jerawat). Terlalu mendominasi wajahku sehingga tidak keliatan inner beauty ku (mungkin).

Aaaahhh...whateverlah.
Begini mi mungkin kalau sembarang di bayangkan.

Warning Drama Queen

5 komentar

hahahahha lucu ayaaaaaaaa . . .

Reply

hehehehe..makasssih

Reply

Sompreeeettt itu preman.. hhahahaha, malempuuu basa.. :P

Reply

hahahha keren cerita kak cantik jerawatnya .. salam sama itu preman :D

Reply

Posting Komentar