PETE-PETE

Samlikum….

Halo…apa kabar semua?

Its almost a week after new year yak?! Jadi…resolusi apa yang sudah di buat? Well kalo saya…sama saja, memperbaharui resolusi-resolusi awal yang ‘sekali lagi’ belum kewujud. Gak papa dong ya. Namanya saja re- solusi, which is mean mengulas kembali, mengevaluasi. Yeah whatever.

Pas lagi ngetik, sekarang saya lagi mantengin tipi. Nonton film 300 yang selalu di re-run berulang kali. Adekku nyeletuk di belakang katanya pertama liat itu film dia kira film kartun. No wonder sih, memang efek film di 300 itu cuma pake efek visual computer buat nekan biaya yang mahal. Jadi kebanyakan take gambar cuma berlatar layar hijau.

Malam ini ga turun hujan, padahal tahun kemarin kampung kita di guyur hujan sampe kebanjiran. Thank God sekarang ga begitu deras. Bicara tentang hujan, saya jadi keinget kebiasaan supaya ga kehujanan kemana-mana ya harus pake kendaraan roda empat, yaitu mobil. Karena kebetulan saya tidak punya mobil pribadi..yaaa saya pake mobil angkutan umum, yang kalo di Jakarta di sebut angkot, di Solo di sebut angkuta, dan di Jogja di sebut odong-odong. Tapi kalo di Makassar di sebutnya PETE-PETE (nda tauk bemana sejarahnya itu nama). Kalo bagi yang pertama dengar pasti rada geli bin konyol dengar itu nama. Klo orang barat ato Cinta Laura pasti bilang begini “what the hell?!”
Yeah tapi lucu ato konyolnya itu nama, toh memang itu sebutan buat transportasi umum berwarna biru muda agak menyilaukan di siang hari tersebut. PETE-PETE.

Untuk itulah demi sedikit rasa gaul yang hendak di sampirkan bagi para pengguna mikrolet tersebut, anak-anak muda gehol Makassar memberikan slank julukan buat para user pete-pete. Yaah…mungkin biar rada keren toh, walopun…Cuma naik angkutan sewaan. Misalnya ada yang bertanya, “eh naik apako ke Matos?” pasti kalo naik pete-pete mereka bakal jawab “NGEPET JA’……”. *dustakk!!* Haha..lawan mi itu. Seharusnya bahasa Indoneisa mulai bikin kamus bukan hanya KBBI tapi juga tentang KAMUS BESAR BAHASA GAUL DAERAH INDONESIA.

Nah buat para Ngepeters, pasti sudah sangat ngerti dengan bahasa-bahasa isyarat yang berlaku di dunia ke-pete-pete-an. Saya dulu waktu masih kuliah dan aktif berinteraksi dengan dunia pete-pete seringkali mendapati  banyak tingkah penumpang yang aneh dan lucu, karena saya sering dapat pete-pete yang kosong, jadi saya bisa pilih bangku paling belakang buat tidur. Jadi..naiklah saya di pete-pete yang masih kosong, dan biasanya pete2 kosong itu ngetem nya lamaaaaaaaaaa sekali, buat tunggu penumpang. Sambil nunggu itu pete-pete benar-benar bergerak, saya biasanya tidur di ujung kursi paling belakang, yang biasanya ada speaker besar. Nge-jogrok kecapekan, ambil posisi wenak, tutup pake tangan. Tidurlah saya, pules pula.
Tidur…dan tidur sampe akhirnya ntu speaker terdengar bunyi keras sekali, lagunya ST12. Saya bangun kaget sekali. Lebih kaget lagi karena pas bangun ternyata di dekat ku sudah banyak orang duduk sambil liati muka ku plonga-plongo dengan bergumam dalam hati mereka “oooh….begini peng mukanya ini cewek yang tidur”. Setelah itu kembali pada posisi semula. Melongo sampai daerah tujuan.

Nah biasanya dalam posisi melongo itu, di antara penumpang pasti ada yang mau turun kan. Dan kalian pasti tauk sekali ji bagaimana gaya orang kalo mau turun dari pete2. Itu muka pasti sudah tidak tenang sambil janjang-janjang bella ke depan. Janjang lagi…diam lagi, janjang lagi…terus diam lagi. Nah pas kalo dekatmi tempat turunnya pasti mereka pada buka dompet. Naaah…pada bagian itumi biasanya paling lucu (buat saya). Itu juga jadi kayak ajang pamer dompet giteh. Yang (beuh) na kasi keluar mi itu dompet dari tas nya, merek Louis Vuitton KW 3 j iyyaa…tapi lumayan buat mejeng. Trus na kasi buka mi gesper dompetnya, yang na cari2 mitu uang kecilnya di antara beberapa lembar uang merah dan birunya (tsaaaaah…). Itu penumpang diam semua ji iyya…seakan2 nda peduli, tapi (deeh…!) coba maki angkat muka ta baru liati semua matanyaa…ahahahhaaa…itu memang lehernya posisi biasa semua ji kayak nda peduli, tapi itu mata nya semua penumpang pergi semua ke arah dompet orang yang lagi di buka itu (tojenga..its true). Istilah na itu kalo bahasa Makassar toh na biro’-biroki.  Yang na liat2i mi juga isi dompetnya. Baru na liat2i berapa isinya..foto na siapa na pasang (hamma’daaang). Baru itu juga yang lagi buka dompet yang kayak pede sekali na cari2 terus uang kecilnya dalam dompet, sekali nya deh na tutup ji lagi dompetnya baru na simpan lagi dalam tas nya. Terus ternyata itu uang kecilnya adaji dalam kantong celananya (ebuseeet…jadi apa tadi massu’na buka dompet). Pokoknya saya suka sekali kalo ada kejadian begitu di pete-pete. Kalo ada yang buka dompet kayak di komando semua melihat ke arah orang yang lagi buka dompet baru kalo na simpan mi orang dompetnya, kayak juga satu komando buat memalingkan muka. Ahahahaa…

Paling lucu juga kalo misalnya itu pete-pete sudah penuh, terus ada ibu-ibu battala (baca : gemuk) yang baru mau naik. Terus sebenarnya dia tidak mau ji naik, Cuma karena itu supir pete2  jago sekali marketing (ahahaha..) makanya terbujuk lah si ibu tadi, dengan istilah dan jargon si supet ( baca: supir pete2) yang biasa dia bilang “ naik mi…masih bisa…masih bisaaa…” atokah yang ini “masih ada satu…masih ada satu…”. Maka naiklah si ibu tadi, tertipu, padahal itu mukanya penumpang tidak adami bagus, yang pas kasihan naik mi itu ibu dengan posisi ala2 orang lagi ruku’, belum dapat tempat duduk, eeeeh….si supet malah dia kasih jalan mi pete-pete nyaa… Akhirnya si ibu kayak mau mi jatuh dan na jatuhi mi lagi iyya orang sembari baku sepet menyepet (baca: berdesak2an). Jadi itu kursi yang dia duduki sebenarnya bukan lagi kursi, melainkan paha dari masing-masing penumpang kiri dan kanannya.

Memang banyak kejadian lucu di pete-pete. Ada juga itu kalo pas penumpang itu kebanyakan cewek muda2. Trus kalo berhenti pete2 buat ambil penumpang dan yang naik itu penumpang cewek juga, modis pula. Beuh…..itu mata kita-kita (yaa…termasuk saya) langsung kayak scanner sinar X di bandara, yang di liati memang itu cewek mulai dari ujung kaki sampai ujung rambut, yang kalo pake hijab gaul ki di cari memang itu lekukan-lekukan jilbabnya mulai dari mana berakhir kemana, itu jumlah pentul yang dia pake juga bisa di ketahui berapa jumlahnya (ngappako). Nah terus kalo sudahmi adami itu yang na perbaiki baek2 duduknya karena merasa ki bilang masih lebih cantik dirinya…tapi ada mi juga yang secara spontan langsung na perbaiki jilbabnya ato langsung melihat ke arah luar jendela karena di kalah cantiki kasian (biasa saya juga termasuk di dalamnya).
Pernah juga saya dapat di pete-pete, dan  biasanya ini mi yang paling rese. Kalo ada penumpang yang baru naik, terus pas naik yang tidak mau sekali duduk di dalam, maunya di ujung dekat pintu keluar dengan kata-kata andalan “masuk-masukki..dekat ja saya,,,di depan ji” (nah lho) terus?kenapa mi kalo dekat ki? Kan saya yang duluan duduk disitu? Kan saya mau kena angin juga?

Tapi semua kata-kata itu hanya dapat terucap di dalam hati karena biasanya orang-orang tua mi yang bilang begitu Dan kita Cuma bisa menghela nafas sambil ngesot ke bagian dalam kursi “hhhh…ambilmi”. Terus biasanya ditunggu-tunggu mitu bilang kapan dia turun karena bilang dekatji, eh….tau-taunyaaa…ternyata kita ji yang duluan turun. Biasa kalo begitu, saya langsung teriak kenceng bilang “ KIRI PAK!!” sampe balek semua orang ke saya, baru turun sambil bilang di depannya itu tadi orang  “tabee’…” dengan mulut rese’. Terus pas bayar ke pak supet saya liat-liati ki, yang berusaha ka sampaikan pesan kata lewat tatapan mataku bilang “ngappakoo…saya ternyata paling dekat!”.

Dan akhirnya berlalu lah pete-pete itu membawa penumpang rese ke tempat yang tidak pernah saya tahu lagi rimbanya.. Hhhh…so long.

Yaaah…begitulah pengalaman saya menjadi Ngepeters…ada suka duka. Namanya juga bukan mobil pribadi. Hehehe…

3 komentar

Pernahja jg naik pete-pete...
Sering salah tingkah sampe leher keram klo duduk di antara cewek manis harum mewangi...
Sering jg dipindahkan...krn sendirianma :(

Reply

omo! ini sy banget.. NGEPETerz.. hhahaha >.<
dunia anak ngepeterz mmg paling seruu.. drpd duduk manis di mobil pribadi.. apa yg bs dicerita??

Reply

ahahahahahaa...kak opan deeeeh...masaa?? kita weng muka2 gampang ditindaaas...

haik...so desu Icchaaaan ,,,,ahahahahaa

Reply

Posting Komentar