Be Indonesian Fact #1 : CAKAR

CAKAR!!!
Yeah cakar, ini cakar bukan sembarang cakar, kalo kalian kebayang kuku tajam dari binatang buas, itu salah, cakar yang saya maksud disini adalah cap karung, naaaahhhh....ngerti kan?! (pasti sudah ada yang teriak sambil mangap bilang "..oooohhh...de'ehh...") *kentara konsumen setia*

Di Indonesia siapa sih yang tidak tahu apa dan dimana cakar berada?? Apalagi bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah. Yep!!!! Dari setiap daerah (pasti dan akan selalu) ada spot-spot penjual cakar. Buat yang belum tahu sila klik disini. Cakar ini adalah jalan keluar terbaik buat mendapatkan pakaian ala perlente dengan harga semiring mungkin, dan rekor terbaik saya dengan cakar adalah hanya dengan uang 25 ribu rupiah saya bisa dapat sekantong besar kaos (*gubrak!!! akhirnya ketahuan ane demen nge-cakar).

Yeah no wonder lah kenapa pasar ini bakal selalu sesak bin nyesek di hari bukanya. Yang datang kesana kalau dulunya cuma wong cilik sekarang sudah beda, kalian bisa liat cowok-cowok ala Vidi Aldiano dan cewek-cewek ala Raisa belanja pakaian di sana. Yang jalan sambil kibas2 rambut ala Chintya Bella....(heuuhh...anak2 jaman sekarang). Yaah...cakar yang aslinya adalah baju second hand buangan dari luar negeri itu tentu saja bikin ngiler dengan harga yang sangat, saya bilang amat sangat, dan sekali saya sebut amat sangat murah. Apalagi dengan label "PAKAIAN DARI LUAR NEGERI", bekas sekalipun kalo orang Endonesa mah di embat sajaaaaa....yampeting muraaah. hahahaha... Karena jika teliti, dan pede berkeringat ria sembari berenang di dalam tumpukan pakaian bekas itu kalian bisa dapatkan pakaian ala mall-mall besar nun di kota sana.

Tapi yaah begitulah, perjuangannya memang tidak gampang, kita harus melepas segala ego, gengsi, dan harus penuh strategi yang matang (benar-benar kayak mau perang) untuk dapat yang terbaik (tojeng!!).

Jadi ingat waktu saya bersama teman-teman gank janjian di sabtu libur buat nge-cakar. Waktu itu kita janjian buat ke spot pasar yang jadi pusat cakar terdekat yaitu pasar Mandai, tiap hari sabtu itu pasar jadi alasan dan penyebab dari kemacetan jalan, paling rame yaa itumi spot cakarnya (haha).
Kita dari rumah sudah menyiapkan amunisi buat bertarung di arena percakaran.
  1. Uang kecil (karena harga cakar dimulai dari harga 5000 rupiah), bayangkan ketika kau bisa mendapatkan T-Shirt merek luar negeri (entah terkenal ato tidak), yang (walopun sedikit kumel, ato istilah adekku warnanya agak kelabu) tidak pasaran modelnya,  dan bahannya yang long lasting, oh my gooooooddd!!!!
  2. Masker penutup mulut (atau helm atau apalah yang penting wajahmu tidak terlihat setengahnya), jangan sampai ketika kau sedang bergumul dan berenang di antara tumpukan baju bekas itu lalu kalian ketemu teman kenalan yang tidak di inginkan (oh nooo!!!). jangan sampai ketahuan kalo baju keren kalian ternyata baju bekassss alias cap karung also known as secondhand. NO!!
  3. Berpakaian lusuh ala belum mandi. Yepp!!! Jangan pernah datang ke pasar cakar dengan pakaian ala anak MALL. atau kalian akan di kenakan harga yang mahal pada tiap barang yang kalian tunjuk. Pedagang disitu pasti pada mengira kau orang kaya baru dan bakal nge-bodohin kita dengan harga mahal pada baju bekasnya. (trust me it works!)
  4. Bawa kantong sendiri. (untuk di catat : bawa yang gede). Karena saya yakin kalian gak bakal beli sedikit baju. Apalagi cewek, cowok aja ngiler liat harga murah. Dan apalagi buat kalian yang naik pete-pete, jangan sampai kalian naik pete2 dan kentara kalo nge borong cakar (oh mai gat!). jadi pastikan kalian bawa tas sendiri ato kantong plastik dengan print tulisan dari toko2 mahal (kayak tas plastik bekas beli roti mahal apa getoooh...ato bekas beli sepatu merek apa begituee...). 
Dan sampailah kita di pasar, yang ketika sampai di gerbang pasar itu, kita-kita pada berdiri, melihat kerumunan orang2, memandang tumpukan pakaian-pakaian yang seakan2 berkata 'ayooo....ambillah dakuuu...",  menarik nafas, senyum terkembang, and screaming dalam hati, "OKEEHH!!! HERE WE GO! LETS ROOOCKS!!!" (pose ala rocker)

Andai bisa, mungkin saya sudah berlari penuh semangat, tapi karena gengsi tetap harus di pertahankan, maka dari itu langkah di woleskan sajaa...tapi mata harus sewaspada mungkin, jangan sampai ada outfit yang bagus dan keduluan di ambil orang.

Sesuai dengan kebutuhan masing-masing, kita pada misah2, dan janjian buat ketemu lagi di ujung pasar.
Dan hal yang paling di hindari itupun tiba!!! Pas saya sama teman lagi milah milih baju, ups!! ada juga teman kampus yang lagi liat2 baju di stand sebelah! Oh tidaaaak.....

thank God untung saya sudah pake masker, amaaan...(hahahahaa,,). Saya langsung cari posisi biar gak keliatan sambil kasih tahu teman saya " eh..liatko..itue si Anu, disini tonji peng beli baju, padahal kukira kalo orang kaya nda beli2 mi baju cakar di'!" (gossip mode :on). Si teman pun nyahut "mana?? oohhh iyo diiii'....iiihhh janko bilang ededeeeeh gayana ji...beli cakar jako peng baru addehh borro na gaya naaa..." sambil manyun2 dan tidak nyadar kalo kite2 juga lagi "nyakar" (yeaaah...giiirl), heuuuuhh....setidaknya saya sudah tidak mupeng liat baju-baju yang dia pake ke kampus karena "mungkin" itu baju cakar, hehehehee....(ketawa nenek lampir).

Sampai pada satu stand ketika saya lihat ada coat bagus banget mirip sama yang dipake  Hermione di pilem Heri Poter. Yang pas saya datangi, dan saya pegang lalu ada tanta2 gendu' bilang "duluanka' ambilki itu de'..." dan tersenyum ala orang yang menang. Ooohh..tidak bissaaa..."ihh..tapi kan belumpi kita ambil dari gantungan?" saya nyoba negosiasi. Tapi si tante tetap keukeuh, yawdah..saya pun ngalah, tapi untung si haji yang nge jual bilang, "cobaki beng coba ki dulu bu' sapa tauk tidak cocok ki'...", dan si tante tadi pun nyobain, di masukin lah tangannya dua2, dan berusaha kancingin coatnya, dan akhirnya dia kayak sesak nafas. Yesss!!! HAHAHA...doi kekecilan. Dilepasnya itu coat sambil bilang dengan nada kacci, "ee..ambe' mi..nda cocokka belah...momi di apa nda bisa di kasi besar", dan saya yang cuma bilang "hehehe..." ala kemenangan HURRAAAAAYYYYY!

Saya pun nyobain itu coat, dan yepp!! Cucoook...cakep banget lagi, kayak ala2 British Girl getoohh,  Pas se bayar si haji nya ngomong "coba ki cek2 ki dulu sapa tauk ada robek ato hilang kancingnya..." ku bayar saja langsung apalagi cuma 30 ribu buat coat tebel ala jas2 orang barat, aaaahhh...kapan lagi.

Dan tiap kali ke pasar cakar, waktu selalu tidak bekerja sama, tiba-tiba saja sudah sore, padahal banyak stand yang belum di datangi. Masih banyak tumpukan pakaian yang harus di selami (hahahahaaa...).

 Pas sampe rumah asli mupeng banget pengen nyobain lagi itu coat yang tadi, sambil mematut-matut diri depan cermin, senyam senyum pede tidak jelas, dan yu no wat? pas saya masukin tangan ke dalam kantong kausnya, ternyata ntu coat bolooooong....mana lagi kancing nya ternyata hilang (bukan cuma satu) dua bijiiiii....aaaaaaakkkkk!!!!! Tidaaaaakkk!!! Nyesel banget kenapa tadi gak nge-ceeek dulu. *kebayang pasti itu tante2 tadi kalo tauk bakalan senang sekali liatka*


 Jangan kaget saja buat pemula...cakar yang artinya cap karung yang artinya itu pakean di pack2-in ke dalam karung waktu di beli itu ga cuma pakaian saja lhoo...mulai dari outfit luaran dampe dalaman juga ada (behiik..).  Mulai dari sepatu sampe kaos kakinye pun adaaaa (sumpeee...). Apalagi memang selain barang tidak laku dari luar negeri, barang itu barang bekas, jadi pastilah banyak yang sudah tidak sempurna lagi bentuknya..jadi yaaa...harus benar2 teliti sih.

Miris sih ada...negara kita jadi pusat pembuangan sampah orang (secara kasar memang begitu, itu kan bekas). But for real, ini kenyataan. Dan kata "MURAH" selalu mampu mengesampingkan segala hal yang terasa buruk, thats why selalu rame, hahahahaahahahaa....Thanks Im Indonesian (nah lho??)
Intinya no matter how bad the cakar is, saran saya...jangan sampai ketahuan kalo lagi nge-cakaaar...(hahahahaa...).


Be happy to be Indonesian guys!!
BE INDONESIAN FACT #1 : CAKAR


Posting Komentar