My Way in Mangkoso #2

Assalamu alaikummmm...kaifa haluk ya maneng??? semoga bikhair semua ji... :)

Setelah kemarin posting potongan cerita tentang Mangkoso, seketika itu pula semua memori-memori lama makin berdatangan..hehehe...apalagi di tambah sama komen-komen teman2 dulu. Rasanyaa...wanna feel the same feel lagi deh...

Dan ternyata itu memang tidak pernah berubah..tiap kali kumpul bareng mereka (teman2 se-Mangkoso), that feeling is still the same. Keceriaan dan kehebohan mereka tidak berubah. Bahkan kita kadang2 tidak sadar that we already this age,hahahahaa,,,

Jadi..setelah subuh pertama yang saya lewati sebagai santri baru di Mangkoso...sebulan selanjutnya semua masih begitu beratnya. Paling ingat sama Nanang..dia itumi anak yang paling duluan cari kenalan dalam kamar, waktu itu selalu ki keliling kamar sambil nyodorin tangan baru na bilang, "halo namaku Sitti Aisyah Al-Syam tapi biasa dipanggil Nanang ingat nah Nanang! en-a-en-a-en-ge!", dan seperti itu terus sampe semua satu kamar dia salamin. Saya sebagai anak baru menganggap mungkin karena dia anak kota jadi PEDE ki tawwa, apalagi cantiki, terus ternyata ada kakaknya yang duluan sekolah di Mangkoso jadi sudah banyak senior yang kenal dia. Sayapun kenalan dengan malu2 sambil bilang "saya Lia dari Pangkep, Misten..." asli dengan logat Misten nya (aslina kamponga). Jadi di awal2 sekolah..saya pun juga harus beradaptasi dengan teman sekelas...Waktu itu di Mangkoso ada istilah I'dadiyah...jadi selama setahun kita belum masuk ke dalam sistem sekolah tapi di gembleng untuk lebih memahami agama...Selama setahun cuma belajar Nahwu, Saraph, Alquran, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, tajwid, hafalan,dan lain2 (saya lupa)

. Semua masih pada cupu2 sekali, cara pakai jilbabnya asli lucu, karena itu jilbab di kasih lancip2 secidu'2 nya...seperti bentuk paruh ayam atau burung jadinya (hahahaa...). terus kalo pas istirahat itu makanan yang paling laris di beli di toko itu ROTI isi COKLAT sama ES BATU LEMBEK (hahahahaha...saya ulangi es batu lembeee'). jadi ituji terus menerus di makan karena waktu itu nda tauk kenapa kayak enak sekali itu  makanan ka. Adaji juga guru Alquran Tajwid namanya ibu Nurhaedah.. menjual bakwan baru itu sambalnya asli na assipa'. tapi saking enaknya (ato saking tidak ada makanan lain) bakwannya kalo tidak buru2 di beli cepat habis. Terus kita paling suka itu berlomba2 jadi yang bantu bawa itu bakwan keliling per kelas buat di jual karena nanti pasti kita dapat bagiannya gratis tis tiiiisss...(deh begitumi kalo anu gratis).

Waktu I'dadiyah itu paling suka nongkrong depan kelas sambil liat2i anak santri putra yang lewat dari kelasnya (hehehe,,ngeceng). Baru kalo baku liatmi, langsungmi baku malu2 baru langsung lari2 malu masuk dalam kelas (iide'eeehhh...kayak tong mau di kejar). Dulu saya paling ingat waktu mau ijin pulang  ke asrama karena kebelet mau pup, tapi karena harus berbahasa Arab dan waktu itu saya sama Ida belum tau apa bahasa Arabnya pengen pup, jadi kita bilang ijin mau ke kamar buat ambil buku. Akhirnya di ijinkan sama Pak Umar (guru bahasa Arab) tapi karena kami lama baru kembali akhirnya di tanyai kenapa lama dan kami akhirnya ngaku kalo habis dari pup dan di hukum buat hafal banyak kosakata lainnya. Hahahahahaaa...
Oh iya..temanku Ida itu dia tidak tinggal asrama melainkan tinggal di rumahnya sendiri karena cukup dekat jadi tiap kali pulang sekolah dia sudah punya jemputan becak. Tiap kali pula saya nebeng becak dia sampai depan gerbang kampus putri, padahal jaraknya dekat sekali ji kalo jalan kaki dari sekolah ke depan gerbang asrama itu cuma 5 menit. Tapi yaaah...karena rindu kebiasaan waktu di rumah saya nebeng terus sama becaknya Ida sekalian biar gak kena panas.

Dulu juga ada pelajaran yang paling saya sukai yaitu kaligrafi..saya lupa nama gurunya tapi tiap kali pelajaran itu saya pasti berusaha untuk buat kaligrafi saya baguuuuus banget, dan si pak guru suka sekali liat semangat saya..dan tiap kali saya di beri nilai "JAYYID JIDDAN" rasanya seperti melayang di udara saking senengnyaa...(dasar anak2) tapi walau suka kaligrafi dan khat (tulisan indah) saya paling tidak suka menulis ulang kitab kuning buat di artikan, jadi tiap kali belajar kitab kuning pasti buku paket saya penuh coretan karena di artikan pada buku. Rasanya waktu itu gara2 sering mengartikan tulisan di kitab kuning, kosakata jadi makin bertambah (seruuu...)

Apalagi nih ya sebagai santri baru...banyak kakak2 senior yang pada ngecengin kita buat di jadikan adek angkat (jadi dulu di asrama ada istilah adek angkat kakak angkat gittcuuuu). Jadinya kok waktu rasanya seneng sekali kalo dapat kakak angkat yang cantik atawa kaya karena kalo ulang tahun pasti baku kasih2 hadiah..terus kalo sakit ada yang rawatki...(ahahahaha...pengaruh kurang kasih sayang karena jauh dri ortu kayaknya), yang kalo di pikir2 sekarang kenapa na ada begituan?? Sipattolo2i...hahahahaha...apalagi ada juga istilah baku bertengkar baru baku kirim2 suratmi (kek tong apaaaa...). Terus selain baku sodara angkat ada juga baku idola2 (hawweeeeh....matebale) bukan cuma kayak anak muda sekarang yang teriak2 kalo adai artis idolanya, jadi dulu di asrama kalo lewatki idola nya pasti teriak2 tongi di kamarnya bergelinjengan kayak cacing. Hahahahahahaaaa!!!

Dan masih banyak lagi kisah2 seru selama di Mangkoso..sebut saja dan semua pasti terangkai...what a sweet memory ever...

Posting Komentar